Jumat, 18 November 2011

Bahasa Indonesia VS Bahasa Sunda

Pertama masuk Darussalam semua santri pasti punya kesan masing-masing. ada yang seneng, kesel, biasa aja de el el. Ada satu cerita yang mau ane share nih. pengalaman ini terjadi pas kita dikumpulin buat kutbah iftitah kita. hari pertama menjadi satri di Ranah Indah.
Pagi itu ane semangat banget, soalnya hari itu ane jadi anak SMA (saat itu menurut ane anak SMA itu asik banget). ane berangkat jam 7 pagi. waktu itu ane udah ribut banget, ane kira udah telat. ternyata pas dateng ke halaman NU belu ada siapa-siapa. Kecuali anak cupu yang "nagog di deket tempat septitank pojok NU (Dulu ane kira itu bukan septitank).
Ane nyapa dengan gaya sok kenal, "jam berapa ya? kok belu ada siapa-siapa ya?" dengan bahasa indonesia khas orang sunda. "Jam 7, ga tau nih saya pikir harusnya udah mulai acaranya" jawab anak itu. kami pun berkenalan masih dengan bahasa indonesia yang sunda banget.
Writed By : Athif Roihan Natsir
Alasan utama ane nyapa pake bahasa sunda karena pas testing ane ketemu orang majenang *kalian pasti tahu siapa. Ane kenalan sama majenag itu pake bahasa sunda, tapi dia gak bisa bahasa sunda. sejak itu ane trauma kenalan pake bahasa sunda *phobia yang aneh.
setelah lama berbincang, ane tahu ternyata dia masih orang sini. ane pura-pura tahu daerah perum nya dengan gaya mengangguk2 *padahal ane ga tau perum itu saat itu. Tiba-tiba teman yang lain datang dan ane nyapa pake bahasa sunda *karena udah kenal.
Setelah beberapa bulan ane tahu bahwa orang yang ane sapa ternyata ngedumel karena ane pake bahasa indonesia. ane dikira sombong dan sok indo. *padahal asline ndeso....

oleh : Athif Roihan Natsir
Komunikasi FISIPOL UGM 2011
SMA Plus Darussalam

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

kalo udah baca2 ngomeng ya....

 

Selamat Datang bahasa inggrisnya welcome

Selamat datang di blog Forum Alumni Darussalam 2011, kami harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini kami buat dengan komputer yang sederhana dan koneksi internet yang juga sederhana. Kami berharap Anda sering datang kembali. Silahkan anda mencari hal-hal yang baru di blog ini.

Sekilas tentang Forum Alumni Darussalam 2011

Photo di samping itu bukan saya dan juga bukan pacar saya, pokoknya bukan siapa-siap saya. Foto itu cuma foto samaran Admin. Silahkan bagi rekan-rekan yang mau share Pengalaman,Artikel,Cerpen,Curhat ataupun pengen kangen-kangenan masa-masa di Pondok Pesantren Darussalam, kirim saja ke Email kami. Kami akan segera menindak lanjuti.

Info